Kubah Masjid An Nurumi 

Negara Indonesia ini begitu populer dengan beragam jenis masjid yang mempunyai keindahan dan kemegahan dari sebuah bangunan masjid. Keindahan masjid yang berada di negara Indonesia tidak kalah menariknya dengan masjid masjid yang berada di luar negeri. Bukan sekedar indah saja tetapi bangunan masjid yang berada di negara kita ada juga yang bisa dibilang unik. Satu diantara masjid yang termasuk unik di Indonesia sendiri adalah Masjid An Nurumi. Setiap bangunan masjid yang bagus tentunya tidak lepas dari jasa seorang kontraktor kubah masjid.

Kekhasan Masjid An Nurumi

Kubah Masjid An Nurumi ini berdiri karena nazar dari keluarga Hajad Umi Nursalim saat pulang dari umroh lalu beliau pergi ke rusia serta lihat satu bangunan Katredral Saint Basil, jadi sejak itu beliau berkemauan untuk membangun masjid yang mirip bangunan itu. Tidak cuma di Rusia saja yang mempunyai bangunan kubah masjid yang dapat disebut besar tetapi di Indonesia ada juga bangunan kubah yang besar berwarna warni. Bangunan Masjid An Nurumi ini tidak sangat besar dengan seperti bangunan masjid yang berada di Rusia. Berikut sebagian kekhasan yang berada di Masjid An Nurumi di Jogjakarta.
1. Mempunyai Kubah dengan 9 menara. 

Masjid An Nurumi ini dibuat dengan 9 buah menara yang mempunyai arti yaitu jumlah penebar agama islam di tanah jawa yang dikerjakan oleh wali songo.

2. Mempunyai Kubah Warna Warni 

Masjid An Nurumi umumnya dimaksud dengan sebutan masjid permen karna kubahnya yang berwarna warni serupa dengan bentuk permen. Bahkan juga ada pula yang menduga kalau masjid ini yaitu suatu toko oleh oleh.

3. Kaligrafi Al- Qur’an pada kubah 

Umumnya hiasan kaligrafi terdapat di bagian dinding bangunan masjid, tetapi di Masjid An Nurumi ini kaligrafi dilukis pada kubah paling besar di masjid ini. Serta yang menaikkan kesan menariknya yaitu cat dari lukisan kaligrafi ini menggunakan cat warna warni.
Walau ukurannya tidak demikian besar namun masjid ini begitu memberi banyak faedah untuk warga sekitaran untuk melakukan beribadah.

Arsitektur Masjid An Nurumi

Umumnya arsitektur pada bangunan masjid memakai warna yang netral tetapi berlainan dengan masjid Masjid An Nurumi ini yang mempunyai kubah berwarna warni. Penentuan warna yang digabungkan pada bangunan kubahnya yaitu warna warni seperti warna biru, kuning, hijau, merah dan putih. Walau menggunakan warna cat yang bermacam akan tetapi dengan berbagai warna tersebut bangunan masjid ini jadi lebih bagus untuk dilihat dan mempunyai kekhasan sendiri. Diluar itu bangunan menara dan kubahnya di beri motif motif yang tidak umum yaitu motif garis garis, motif zigzag dan dihiasi dengan selingan warna yang demikian berbagai macam. Hingga akhirnya seperti permen lolipop. Bangunan Masjid An Nurumi ini bila diliat mungkin saja kita mengiranya yaitu toko oleh oleh tapi bila telah didatangi juga akan tampak seperti masjid. Masjid An Nurumi ini adalah bangunan yang serupa seperti Katedral St. Basil yang ada di Moskow, Rusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *