Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru

Masjid Agung Al -Azhar ini ada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid ini adalah masjid yang cukup populer pada th. 1952 serta hingga sekarang ini. Masjid ini dipandang cukup popular karna kemampuan dari masjid ini yang bisa dipakai jadi pusat aktivitas umat. Beberapa pendiri masjid ini inginkan supaya masjid ini digunakan jadi pusat kesibukan hingga bisa kembalikan bangunan masjid jadi pusat untuk peradapan. Masjid ini memiliki sebuah kubah masjid yang berwarna putih yang menambah kesan agung pada masjid ini.

Histori Masjid Agung Al -Azhar

Masjid ini dibuat pada 19 November 1953 yang mana waktu penempatan batu pertama untuk pembangunan masjid ini dilaksanakan oleh R. Sardjono yang mewakili walikota jakarta serta selesai untuk pembangunan masjid ini pada th. 1958 serta mempunyai nama resmi Masjid Agung Kebayoran. Lalu nama dari masjid ini beralih dengan nama Masjid Agung Al -Azhar Kebayoran Baru, perubahan nama ini dilakukan karna menyusul kehadiran Rektor Universitas Al – Azhar yaitu Dr. Mahmoud Syaltout serta beliau memberi nama masjid ini Masjid Agung Al -Azhar, Kebayoran Baru. Seseorang imam pertama masjid ini yaitu Prof. DR. Haji Muhammad Abdul Karim atau akrab disapa dengan Buya Hamka. Buya Hamka inilah yang mentradisikan kalau ada kesibukan kuliah subuh, pengajian pada hari ahad dan kuliah pada bln. ramadhan di masjid ini.

Kegiatan di Masjid Agung Al -Azhar

Aktivitas yang telah ada atau telah tradisi di masjid ini yaitu kuliah subuh, pengajian ahadnya, dan kuliah pada bln. ramadhan yang telah ada pada saat Buya Hamka, diluar itu ada pula aktivitas majlis taklim, studi islam, Pelatihan Kader Mubaligh, pelatihan bahasa serta dakwah yang berada di Masjid Agung Al -Azhar ini. Aktivitas ini terima jamaah dari daerah lainnya serta aktivitas ini dapat juga diikuti oleh semua masyarakat. Setiap bln. Ramadhan tiba beberapa pengurus dari masjid ini membuat beragam aktivitas islami yang berbentuk rutin atau non-rutin. Sedang untuk aktivitas untuk remaja dikerjakan dengan Youth Islamic Study Club (YISC). Sebelum saat menunaikan beribadah solat subuh, solat dhuhur dan saat sebelumnya berbuka puasa jamaah yang berada di Masjid Agung Al -Azhar ini memperoleh pencerahan dari aktivitas atau program kultum. Aktivitas rutin yang dikerjakan waktu bln. Ramadhan ini bermula dari subuh hingga malam hari, sedang aktivitas waktu bln. ramadhan non rutin yang dikerjakan yaitu bazar di lapangan parkir serta untuk kampung ramadhan di lapangan hijau Masjid Agung Al -Azhar. Diluar itu waktu bln. ramadhan ada acara berbuka puasa yang ditujukan untuk anak anak yatim dan golongan duava di gelar di ruang aula Buya Hamka, bukan sekedar itu ada juga buka puasa yang di gelar di lokasi yg tidak umum yaitu dirumah tahanan negara seperti dilakukan di Rutan Pondok Bambu, Lapas anak Tangerang dan lapas pemuda yang berada di Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *