Masjid Badshahi

Salah satu masjid di dunia yang mempunyai arsitektur bangunan yang indah dan menarik tentunya buat beberapa jamaah dan wisatawan asing mau pun lokal juga akan kagum serta menginginkan melaksanakan ibadah didalam masjid itu. Dengan masjid yang indah telah tentunya buat orang yang melaksanakan ibadah di dalamnya rasakan kekhusyu’an dan kenyamanan. Masjid yang indah pastinya memerlukan jasa seorang kontraktor kubah masjid.

Masjid Indah Pakistan

Satu diantara masjid di Pakistan yang mempunyai keindahan pada bangunan masjidnya adalah masjid badshahi. Masjid ini begitu memukau banyak wisatawan dari beragam dunia karna arsitektur yang dimiliki masjid ini begitu menarik perhatian tiap-tiap orang yang memandangnya. Masjid Badshahi ini adalah masjid kelima paling besar didunia. Kata Badshahi ini dalam bhs Persia mempunyai makna masjid sang raja. Masjid Badshahi dikatakan sebagai masji raja karna masjid itu dibuat atas perintah Sultan Mughal Akbar. Pembangunan Masjid Badshahi diawali sekitaran pada th. 1671 serta usai sekitaran pada th. 1673. Masjid ini bisa menyimpan beberapa ribu jamaah, yakni untuk ruangan do’a paling utama dapat menyimpan kira-kira 55 ribu serta untuk halamannya bisa menyimpan jamaah sampai 95 ribu. Letak Masjid Badshahi ini cukup strategis yakni ada di Taman Iqbal, Lahore, Pakistan. Karna masjid Taman Iqbal ini adalah taman paling besar di Pakistan Jadi banyak pengunjung yang datang ke taman itu serta banyak pula pengunjung yang dengan sengajanya datang ke Masjid Badshahi untuk beribadah.

Arsitektur Masjid Badshahi

Masjid Badshahi ini didominasi dengan warna merah bata dan ada ornament cantik disetiap sisi temboknya. Arsitektur dari masjid ini nyaris sama juga dengan masjid yang ada di New Delhi yakni masjid Jama. Pondasi dan susunan Masjid Badshahi terbuat dari tanah lempung dan batu bata, sedang di bagian kubahnya di lapisi oleh pualam putih. Masjid ini mempunyai ukuran bangunan masjid yang besar yang memiliki empat menara yang tingginya sekitaran 53. 75 mtr. dan untuk halaman tengah masjid ini juga sangat luas. Landasan pada masjid ini di buat lebih tinggi dari lahan di sekitarannya yang berperan untuk hindari banjir dari sungai ravi yang tengah pasang. Sistem dari pembangunan Masjid Badshahi dipantau oleh Muzaffar Hussain yang disebut saudara angkat raja Aurangzeb’s. Berbarengan dengan pembangunan masjid ini dibuat juga gerbang baru yang bernama gerbang alamgir di Lahore Fort yang menghadap ke Hazuri Bagh yang dipakai untuk menuju ke pintu masuk masjid ini. Diluar itu dibagian pintu masuk Masjid Badshahi ada satu prasasti yang ditulis dengan bhs Persia. Tangga yang menghadap ke ruangan sholat masjid ini di bagian lantainya menggunakan pualam warna warni. Sedang untuk eksterior Masjid Badshahi didekorasi oleh batu ukir juga susunan pualam dan batu pasir. Sisi dinding Masjid Badshahi membentang hingga ke pinggir sungai ravi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *