Masjid Camii Tokyo di Jepang

Satu diantara masjid yang paling besar di Jepang yaitu Masjid Camii Tokyo yang dibuat pada tahun 1938. Komunitas yang berada di Tokyo ini membuat Masjid Camii Tokyo untuk tempat pemersatu umat islam yang berada di Jepang.

Histori Masjid Camii Tokyo

Masjid Camii Tokyo ini dibuat sekitaran pada tahun 1930 oleh seseorang migran muslim, masjid ini adalah masjid tertua yang berada di Jepang. Diluar itu ada dua masjid yang lain yang berada di Jepang, yakni masjid Nagoya dan masjid Kobe. Masjid Nagoya sendiri yaitu masjid yang dibangun pada tahun 1931, sedangkan untuk masjid Kobe didirikan pada tahun 1935 oleh seseorang migran muslim dari India. Masjid Camii Tokyo ini melakukan renovasi serta usai pada tahun 2000 semua dana di tanggung oleh pemerintah dari Turki. Tidak cuma digunakan untuk tempat melaksanakan ibadah saja namun masjid ini digunakan dalammenyelenggarakan acara pernikahan juga. Di Masjid Camii Tokyo ini ada satu lembaga yang bernama Islamic Center of Japan (IJC) yang dibangun pada tahun 1966. lembaga ini yaitu lembaga remaja aktif dalam masjid tokyo yang mengadakan kelas kelas seperti kelas membaca Alqur’an, kelas mengenal tentang agama islam, karate, kaligarafi dan banyak lagi.

Arsitektur Masjid Camii Tokyo

Bangunan dari Masjid Camii Tokyo ini begitu megah serta tentunya buat penasaran orang yang mengunjunginya. Desai masjid yang ada di sini nyaris mirip masjid yang berada di Indonesia. Arsitektur Masjid Camii Tokyo ini begitu mengagumkan ditambah dengan bangunan kubah masjid serta menaranya yang memiliki ukuran raksasa. Bangunan Masjid Camii Tokyo ini menandakan kalau agama islam disini begitu di terima baik, diluar itu di masjid ini ada juga bermacam kajian yang dikerjakan dengan rutin. bangunan dari Masjid Camii Tokyo ini tidak sebesar bangunan masjid yang berada di Indonesia namun masjid ini cuma sederhana saja ukurannya karna tertekan dengan bangunan yang berada di antara Masjid Camii Tokyo ini. walau ukuran dari masjid ini memiliki ukuran kecil namun arsitektur masjid ini begitu megah layaknya seperti masjid yang berada di turki tengah. Bangunan masjid ini didominasi oleh ubin marmer, saat masuk masjid ini anda juga akan terasa tenang serta damai. Masjid ini mempunyai kubah besar yang bisa dilihat dari kejauhan serta pilar pilar besar juga menaikkan kesan kokoh pada Masjid Camii Tokyo ini. Jika anda menginginkan mencari masjid ini anda dapat lihat dari sebuah menara tinggi sebagai tanda keberadaan masjid ini. Ruang pada masjid ini tebagi jadi 2 lantai yang mana pada lantai dasar dipakai untuk tempat melaksanakan ibadah pria serta lantai ke-2 untuk tempat melaksanakan ibadah wanita. Untuk wanita yg tidak berjilbab saat masuk masjid ini telah disiapkan paklaian muslim dan jilbab yang telah berada di masjid ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *